Pangandaran Punya Akuarium Raksasa, Kapan Bakal Buka?

Pangandaran makin serius dalam mengerjakan bidang pariwisata. Sekarang ada satu akuarium raksasa yang sudah siap jadi calon untuk masuk ke daftar terpanjang di dunia.

Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute (PIAMARI), nama akuarium itu, berada di lokasi Pelabuhan Ikan Cikidang Babakan Kabupaten Pangandaran. Pembangunannya telah selesai.

Tetapi, wisata edukasi berupa akuarium raksasa itu belum dapat dibuka untuk umum. Ada banyak pekerjaan fasilitas pendukung yang masih membutuhkan kucuran budget.

“Jika pembangunan gedung serta akuariumnya telah usai. Telah diserahterimakan dari pelaksana pada kami, sekarang masih juga dalam step perawatan,” kata Usep Mulyadi, Kepala Sub Sisi Tata Usaha PIAMARI Kementerian Kelautan serta Perikanan (KKP) Republik Indonesia, Rabu (27/11/2019).

Fasilitas pendukung yang masih dibutuhkan supaya PIAMARI akuarium dapat selekasnya bekerja ialah pembangunan akses jalan serta parkir, pemecah ombak, tata interior gedung, pengisian ikan, serta yang lain.

Pembangunan gedung PIAMARI yang barusan usai sudah menelan budget seputar Rp 93 miliar sesaat pembangunan akuarium habiskan Rp 43 miliar. Sasaran awal, PIAMARI akuarium ini dapat bekerja pada Maret 2020 akan datang.

“Semoga saja, sasaran operasional di tahun 2020 dapat terwujud serta mendapatkan suport budget dari pemerintah,” kata Usep.

Lepas dari hal tersebut, Usep menerangkan PIAMARI akuarium mempunyai 4 wahana yang ditawarkan. Yang pertama ialah akuarium silinder atau schooling aquarium. Berupa tabung setinggi 7 mtr. dengan diameter 5 mtr., akuarium ini akan diisi air laut serta ditempati oleh ikan-ikan kecil bergerombol.

Yang ke-2 ada akuarium penting atau theatre aquarium. Dengan kaca depan berupa cekung, akuarium ini mempunyai dimensi tinggi 4,2 mtr., lebar 10 mtr., serta panjang 32,5 mtr..

Akuarium air laut ini akan diisi beberapa jenis ikan laut tropis yang terhitung kelompok endangered species alias hampir punah. Seperti hiu, pari, penyu serta semacamnya. Akan diisi terumbu karang.

“Akuarium ini dapat memuat 50 sampai 100 ekor ikan besar,” kata Usep.

Akuarium ke-3 yang dibuat ialah akuarium terowongan atau tunnel aquarium. Berikut akuarium yang disebut jadi calon akuarium terpanjang di dunia.

Tunnel aquarium ini mempunyai dimensi tinggi 3 mtr., lebar 3 mtr., serta panjang 48 mtr.. Panjangnya akuarium ini melewati panjang akuarium sama yang berada di Portugal.

Gagasannya akuarium panjang ini akan diisi air tawar serta diisi bermacam ikan. Diluar itu fundamen serta latar belakangnya akan jadikan aquascape beberapa topik.

Ke-3 akuarium itu dibikin dari kaca akrilik setebal 15 cm. Akrilik memiliki ukuran besar itu dihadirkan langsung dari China. Serta proses pengeleman atau perakitan dikerjakan langsung oleh tenaga dari China. Ini untuk jamin keamanan serta kemampuan akuarium itu.

“Lemnya spesial, berbau menyengatnya mengagumkan. Karena itu sampai ini hari akuarium terus diuji-coba, diisi air selanjutnya dibuang sekalian hilangkan berbau bahan kimia,” kata Usep.

Selain itu wahana yang ke empat ialah kolam sentuh atau touch pool. Ini ialah kolam yang akan diisi oleh penyu serta spesies semacamnya, hingga pengunjung dapat sentuh langsung satwa itu.

Rewrite https://travel.detik.com/travel-news/d-4801280/pangandaran-punya-akuarium-raksasa-kapan-bakal-buka

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us