Lepas EGR Bukan Solusi Tambah Performa Mesin Diesel

Jalan singkat meningkatkan perform dengan melepas Exhaust Gas Recirculated (EGR), sering dikerjakan pemilik mobil diesel. Minimnya pengetahuan ditambah suport aktor bengkel yang ogah lelah bersihkan perangkat ini, makin memberi dukungan pemilik melepas EGR-nya.

Dengan anggapan perform lebih baik serta asap knalpot lebih bersih, langkah berikut dikerjakan. Walau sebenarnya cara itu tidak benar serta justru tingkatkan polusi udara.

Untuk mendesak kandungan emisi gas buang atau dalam bahasa kimia Nitrogen Oksida (Nox) pada mesin diesel, pabrikan mengimplementasikan EGR supaya tersisa pembakaran yang keluar dari exhaust manifold itu tidak seutuhnya dilepaskan ke udara bebas lewat knalpot serta dikembalikan ke ruangan bakar.

Perangkat ini mempunyai katup elektro-mekanis ini, dapat buka serta tutup sesuai dengan perintah modul yang dikendalikan oleh Engine Control Unit (ECU). Alat yang terpasang sebelum intake manifold itu dipakai untuk mendesak toksin gas buang buat lulus standard emisi dunia, dengan unit euro.

Sayangnya, kualitas diesel di tanah air yang kurang bagus, membuat jelaga muncul di sekitar katup serta pipa EGR. Mengakibatkan udara yang di alihkan ke ruangan bakar jadi kotor serta miskin oksigen. Makin lama perform alami penurunan ditambah asap knalpot jadi hitam pekat seperti tinta cumi.

“Jangan melepas EGR jika perform alami penurunan, cukup dibikin bersih dengan carb cleaner atau engine conditioner saja dengan teratur, karena itu keraknya akan hilang. Ditanggung perform kembali sembuh,” pungkas Wahyu Purbowo, Kepala Bengkel Mitsubishi Srikandi Diamond Motors, Pos Pengumben.

Tanpa dia, tingkat pencemaran udara selalu bertambah serta dalam periode panjang pasti beresiko buat keberlangsungan hidup generasi penerus. Jadi jangan hanya memandang kenaikkan perform, intinya dengan melepas perangkat ini.

Rewrite https://otodriver.com/article/view/lepas-egr-bukan-solusi-tambah-performa-mesin-diesel/n4m1p7Q-cMQR4ItiEqaaIu6X22oX3nDyy5GoY196r1Y

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us