Memasuki Musim Hujan, Deteksi Kondisi Wiper Anda

Wiper, siapa yang tidak kenal alat ini? Elemen yang bekerja untuk menyapu air hujan pada kaca mobil ini berperan banyak pada keselamatan. Wiper yang tidak tertangani secara baik akan mengganggu konsentrasi pengemudi serta turunkan visibilitas.

Sayangnya, elemen ini sering terlewatkan. Dia baru diingat waktu hujan mengguyur serta pandangan terhambat air. Demikian keadaan wiper tidak prima, kondisi jadi beresiko serta tidak ada yang dapat dikerjakan waktu itu. Harus harus diyakinkan keadaannya prima sebelum hujan.

Lalu, sebegitu seringkali wiper harus ditukar? “Sebetulnya tidak ada dasar yang tentu kapan waktunya ubah wiper. Semua bergantung dari penggunaan. Bila musim panas automatis usia wiper semakin lebih pendek.” papar Yandi sebagai Service Advisor Honda Permata Hijau.

Tetapi jadi aksi mencegah, seharusnya paling terlambat wiper harus ditukar 12 bulan sekali. Toh harga tidak demikian mahal serta penyelesaiannya cepat.

Nah ada langkah simpel untuk tahu apa wiper masih wajar gunakan ataukah tidak:

1. Semprotkan air pembasuh kaca, selanjutnya hidupkan wiper. Bila wiper rusak akan tinggalkan jejak atau gurat-gurat waktu menyapu air.
2. Bila mengemudi pada malam hari waktu hujan, ada bias cahaya dari depan yang mengganggu.
3. Wiper yang telah aus umumnya akan keluarkan bunyi berderit waktu dipakai.
4. Bila karet wiper tidak lentur serta kelihatan retak-retak itu mengisyaratkan karet wiper tidak wajar gunakan.
5. Cek keadaan wiper blade yang dibuat dari besi. Bila bengkok karena itu harus ditukar.
6. Lihat sapuan serta desakan lengan wiper. Bila mulai melemah karena itu automatis air yang didorong juga tidak optimal.
7. Uji fisik karet wiper dengan menggesekkannya ke tangan. Rasakan tanda-tanda tidak rata atau kaku. Wiper yang baik tetap mulus serta lentur.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mencuci Kendaraan Tanpa Air

Rewrite https://otodriver.com/article/view/musim-hujan-deteksi-kondisi-wiper-anda/y3ka7zcXs8cTgSyCvRB-Vy5TANR6KGFg3irh_QwngDI

Memasuki Musim Hujan, Deteksi Kondisi Wiper Anda
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us