Desa Kertayasa, Kecamatan Cilujang, Pangandaran, sukses jadi yang paling baik dalam lomba Desa Wisata Nusantara 2019. Berikut desa wisata paling baik se-Indonesia!

Desa Wisata Nusantara 2019 diadakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Wilayah Ketinggalan serta Transmigrasi (Kemendes PDTT). Desa Kertayasa keluar jadi juara sesudah sukses melewati 350 desa wisata se-Indonesia yang mendaftarkan lomba itu. Dari hasil penilaian juri tempatkan desa dari Pangandaran ini jadi yang paling baik dalam rangking penilaian desa kelompok maju.

“Saya merasakan haru, ada senang, ada duka, jika di akhir tahun ini, di akhir tahun 2019, kami Desa Wisata Kertayasa bisa persembahkan yang paling baik buat Pengandaran,” tutur Plt Kepala desa Kertayasa, Muhtar Tajidin, pada wartawan.

Hal tersebut dikatakan Muhtar selesai terima piagam penghargaan yang diberikan Ketua Penasihat Dharma Wanita Persatuan (PWP) Kemendes PDTT, Lilik Umi Narsiyah, di Komplek Tebing Breksi Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (10/12/2019).

Muhtar menjelaskan, Desa Kertayasa sepanjang ini diketahui jadi satu diantara desa wisata penting di Pangandaran. Antara object wisata andalannya seperti bodi rafting, camping ground, atraksi pertunjukan seni-budaya serta bidang kerajinan. Pasti yang terpopuler disana ialah Green Canyon.

Menurut dia, kehadiran object wisata itu sudah sukses mengangkat perkembangan ekonomi warga Desa Kertayasa. Diluar itu, kehadiran object wisata itu ikut berperan buat Penghasilan Asli Desa (PADes) ditempat.

“Kunjungannya (pelancong) sampai rata-rata di 1.500 per tahun, ada pelonjakan pengunjung di 2015 itu sampai 8.000 pengunjung…. Saat ini penghasilan rata-rata Rp 125 juta per tahun, itu spesial dari penghasilan desa wisata,” ucapnya.

Selain itu, Dirjen Pembangunan serta Pemberdayaan Warga Desa Kemendes PDTT, Taufik Madjid, mengharap lewat lomba desa wisata Nusantara 2019 ini bisa meningkatkan desa-desa wisata di wilayah lain supaya lebih berkembang serta maju.

Baca Juga  Wishnutama Tekankan Labuan Bajo Jadi Wisata Super Premium

“Kita meyakini serta yakin jika desa wisata adalah sesuatu dari semangat kita jadikan desa jadi basis serta tulang punggung ekonomi di waktu mendatang. Basisnya di desa wisata sebab paling cepat menyerap tenaga kerja,” tutupnya.

Rewrite https://travel.detik.com/travel-news/d-4817204/kertayasa-desa-wisata-terbaik-se-indonesia