Usah Gelisah Rack Steer Bermasalah

Persoalan di bagian kontrol kemudi atau rak steer biasanya berlangsung karena usia gunakan atau tingkah laku mengemudi yang kasar. Umumnya kerusakan yang berlangsung berawal dari sobeknya karet boot roda, masuknya kotoran di luar akan melekat di bagian gigi penghubung yang telah dilumasi dengan gemuk atau grease. Pada akhirnya pergerakan gigi yang bergesekan waktu berputar-putar jadi berat serta punya potensi mengakibatkan kerusakan gigi rak serta pinion-nya.

Atau bisa saja sebab roda sering menggebuk lubang dengan kecepatan yang relatif tinggi. Pada akhirnya semua elemen kemudi yang terkait dengan roda jadi bertabrakan.

Jika telah insiden, melakukan perbaikan juga cukup mahal sebab umumnya pabrikan cuma merilis onderdil alternatif dengan utuh atau assy. Mirip contoh, untuk satu rak steer assy dengan sensor elektrik power steering punya Honda Freed, dibandrol rata-rata Rp 5 juta. Itu belum juga terhitung layanan bongkar-pasang serta pergantian sensor-sensor jika dibutuhkan.

Spesial yang memakai skema power steering dengan elektik (EPS), bila gerakan gigi telah aus akan menyebabkan pembacaan sensor gerak jadi ngawur. Bila didiamkan, lama kelamaan akan merambat ke perangkat lain seperti sensor EPSnya. Tanda-tanda awal umumnya setir jadi loss atau bisa berputar-putar tapi berat sebab tidak dapat meng-assist. Automatis ongkos perbaikannya akan melejit.

Di waktu harga onderdil yang tinggi seperti sekarang, tentu saja nominal itu relatif kuras kantung. Tetapi jangan susah dahulu, ada langkah murah yang bisa dikerjakan tak perlu keluar dana banyak serta kemudi kembali maksimal, triknya direkondisi.

“Biasanya kerusakan yang biasa berlangsung, gigi pinion serta harmonikanya tumpul sebab bergesekkan tanpa pelumasan karena debu yang melekat waktu pengemudi memutar setir,” tutur Jono dari Bengkel Jantra Specialist Kaki-Kaki. Dia menerangkan gigi itu bisa dicor lagi, hingga membuat satu gerigi yang baru. Spesial yang masih memakai power steering dengan fluida, sil penahan olinya ditukar baru. Karet boot pelindung debu, ikut di ubah yang baru.

Baca Juga  Sebelum Ganti Velg Mobil, Sebaiknya Pahami Ini Dulu

Pria asli Yogyakarta ini mematok layanan rekondisi segelondong skema kemudi sebesar Rp 1,5 juta. Harga yang dibanderol telah terhitung ongkos bongkar-pasang serta garansi sepanjang satu tahun. Harga ini dapat jadi dasar Anda jika lakukan survey ke bengkel-bengkel. Tidak cuma punya Freed, dia juga sering merekondisi punya Honda City, Nissan X-Trail Nissan Serena. “Intinya semua rak steer dapat diperbaiki asal dua gigi yang bergesekan itu belum sampai habis,” wantinya sekalian tutup pembicaraan.

Rewrite https://otodriver.com/article/view/usah-gelisah-rack-steer-bermasalah/AuOS3cacORBNQs2ylguoq-FDxNv6ky-R4sokEsQcZ6s

Usah Gelisah Rack Steer Bermasalah
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us