Liburan Akhir Tahun, Candi Borobudur Kejar Target Wisatawan

Mendekati berlibur akhir tahun, faksi pengelola Candi Borobudur semakin santer menarik pelancong untuk hadir. Hal tersebut tidak terlepas dari angka pengunjung yang baru sampai 70 % dari sasaran.

General Manajer Taman Wisata Candi Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana menjelaskan, jumlahnya pengunjung belum penuhi sasaran internal manajemen. Masihlah ada kesempatan satu bulan buat menggenjot angka pengunjung ke Candi Borobudur yang ada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah itu.

“Ini hampir tutup tahun ya, jumlahnya pengunjung kita Alhamdulillah baru sampai 70 %. Dari sasaran yang diputuskan manajemen, jadi harus, senang tidak senang, ada waktu sebulan ini kita harus genjot bagaimana triknya pengunjung dapat hadir kesini,” tuturnya di antara terima kunjungan Putri Mahkota Kerajaan Denmark, Mary Elizabeth Donaldson di Pelataran Candi Borobudur, Rabu (4/12/2019).

Dalam usaha itu, katanya, satu diantara strateginya ialah turunkan team pemasaran buat pasarkan Candi Borobudur supaya terus didatangi. Diluar itu mereka terus lakukan komunikasi dengan travel agen.

“Ya usaha kita masih seperti biasa. Kita punyai team pemasaran, ya bagaimana pasarkan Borobudur terus agar didatangi oleh wisman atau wisnus. Kita punyai team tertentu untuk bergerak di seputar pulau Jawa membuat komunikasi dengan beberapa travel-travel yang, tempo hari kita ke Blitar. Alhamdulillah akan tiba seputar 5.000-an kelak tahun kedepan,” kata Putu.

Menyentuh tentang turunnya kunjungan wisman atau wisnus, satu diantara sangkaan Putu ialah dampak dari tahun politik di 2019. Diluar itu, telah terdapatnya akses jalan tol yang menyambungkan langsung Jakarta ke arah Surabaya hingga beberapa pengunjung tidak singgah ke Candi Borobudur.

“Ya sebab semua drop. Untuk tahun ini banyak penurunan baik wisman atau wisnus. Ya kemungkinan sebab tempo hari tahun politik ya, itu dampak ,” katanya.

Baca Juga  Ini Tantangan RI di Balik Capaian sebagai Negara Favorit Turis

“Terus ada akses tol langsung menyambungkan dari Jakarta ke Surabaya, ini otomatis dapat juga kurangi kunjungan kesini. Umumnya mereka ingin kesini, dari Jakarta ke Surabaya singgah dahulu, saat ini langsung los. Seperti rekan-rekan saya banyak juga saat ini ingin singgah langsung ke arah akhir Surabaya, langsung ke Bali, ya telah. Dari bagian ini untuk kita jadi pengelola sini, ya harus, senang tidak senang, ya turuti ketentuan pemerintah yang berlaku,” tutur Putu.

Rewrite https://travel.detik.com/travel-news/d-4810014/liburan-akhir-tahun-candi-borobudur-kejar-target-wisatawan

Liburan Akhir Tahun, Candi Borobudur Kejar Target Wisatawan
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us