0812.3060.5550 Tantokoe@gmail.com
0812.3060.5550 Tantokoe@gmail.com

Labuan Bajo Jadi Wisata Super Premium, Wishnutama: Jangan Risau

Labuan Bajo Jadi Wisata Super Premium,

Labuan Bajo di NTT jadi wisata super premium, tetapi justru ada kerisauan masyarakat lokalnya. Menparekraf Wishnutama menyarankan jangan cemas.

Presiden Jokowi telah mencanangkan Labuan Bajo jadi tujuan wisata super premium. Berarti, segementasi pasarnya tidak digabung aduk.

Labuan Bajo sendiri adalah sisi dari 5 Tujuan Super Prioritas. Berarti, pembangunan pariwisata disana akan dikebut serta dioptimalkan agar membuat wisatawan nyaman serta jadi ladang devisa besar untuk negara.

Tetapi malah, hal itu membuat kerisauan terutamanya buat masyarakat lokal di Labuan Bajo serta Pulau Komodo. Mereka gusar, jika jadi super premium, bisa saja kelak wisatawan yang hadir justru sedikit.

Menteri Pariwisata serta Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama mulai bicara serta menerangkan lebih dalam masalah Labuan Bajo jadi tujuan wisata super premium. Pertama, ia minta warga tidak untuk memandangnya setengah-setengah.

“Untuk wisata super premium ini, jangan lihat setengah-setengah. Kita harus lihat dengan utuh, apa sich yang pemerintah targetkan, bagaimana strateginya, dan periode yang akan datang seperti apa,” jelas Wishnutama pada detikcom, Selasa (3/12/2019).

“Yang tentu arah dijadikannya Labuan Bajo jadi tujuan wisata super premium untuk kesejahteraan warga, devisa negara, serta untuk jaga alam,” sambungnya memberikan tambahan.

Wishnutama menerangkan, beberapa hasil kerajinan atau cenderamata dan macam festival budaya di bidang ekonomi serta kreatif semakin lebih dipoles serta diberi nilai lebih. Agar, jadi daya tarik yang lebih memikat pelancong.

“Sektor-sektor ekonomi kreatif disana dari cenderamata sampai festival kelak kita poles. Justru kita punyai gagasan, untuk jadikan Labuan Bajo jadi hub ekraf (ekonomi kreatif) di NTT,” papar Wishnutama.

“Jika suvenirnya ada nilai lebih, tentu wisatawan semakin lebih banyak yang beli kan? ” imbuhnya.

Baca Juga  Desa Kertayasa, Desa Wisata Terbaik se-Indonesia

Selanjutnya, Wishnutama menguraikan pemerintah sedang membuat sarana pendukung pariwisata di Labuan Bajo dengan besar. Asas picu bandaranya diperpanjang, agar pesawat wide bodi dapat datang. Pelabuhan diurus, supaya kapal-kapal yacht dapat hadir dengan gampang.

“Ditambah lagi kita telah mengundang investor untuk pembangunan hotel serta yang lain. Kita sedang membuat pariwisata di Labuan Bajo,” kata Wishnutama.

Tetapi, masyarakat lokal terutamanya aktor wisata ada yang kuatir sebab cap ‘super premium’ pada Labuan Bajo. Dengan cap itu, dikuatirkan justru sedikit wisatawan yang hadir.

“Lho pasti tidak, malah apa yang kita kerjakan dengan pembangunan pariwisata, justru semakin mempermudah wisatawan yang hadir. Kelak pesawat wide bodi (memiliki badan lebar) dapat datang. Dari pelabuhan, wisatawan naik yacht banyak yang hadir. Malah satu kali lagi, wisatawan semakin gampang serta banyak yang hadir,” tuturnya.

Lalu wawasan ticket masuk Pulau Komodo sebesar USD 1.000 atau sama dengan Rp 14 juta, apa itu masuk satu diantara sisi dari dijadikannya Labuan Bajo jadi tujuan wisata super premium?

“Masalah kenaikan ticket, itu masih wawasan, satu kali lagi masih wawasan. Ada banyak yang perlu kita riset berkaitan itu,” jawab Wishnutama.

Wishnutama memperjelas, dijadikannya Labuan Bajo jadi tujuan wisata super premium, berarti membuat wisatawan yang hadir kesana ialah turis-turis yang bermutu. Turis-turis yang bermutu akan membuat bidang perekonomian ditempat bertambah bertambah.

“Saya tekankan, warga jangan cemas. Dengan pembangunan pariwisata di Labuan Bajo jadi tujuan wisata super premium, justru semakin banyak wisatawan yang hadir serta turis-turisnya itu yang bermutu,” tutupnya.

rewrite https://travel.detik.com/travel-news/d-4808600/labuan-bajo-jadi-wisata-super-premium-wishnutama-jangan-khawatir

Leave a Reply

Need Help? Chat with us