Pahami Bunyi Aneh di Mobil

Kadang ada bunyi-bunyian yang muncul waktu satu mobil berjalan, ditambah lagi jika telah berusia. Tetapi walau mengganggu, bunyi itu dapat digunakan menjumpai masalah pada elemen mobil.

Pertama-tama tentu saja dengan dengar asal sumber bunyinya, apa dari ruangan mesin, di kolong atau di belakang. Lalu kapan bunyi itu muncul, apa semakin keras atau semakin cepat bersamaan putaran mesin atau menambahnya kecepatan. Bunyi itu dibagi dalam berdengung, bergesek, berdecit. Yang pasti, jika ingin sensitif pada bunyi, jangan setel audio keras-keras.

BERDENGUNG

– Saat roda berputar-putar
Bunyi ini dapat memberikan indikasi keadaan bearing roda mulai lemah sebab aus atau kering sebab ada kebocoran. Getarannya terdengar sampai kabin. Tapak ban tidak rata dapat juga memunculkan hal sama.

– Saat mobil diam
Dengung yang beralih sesuai dengan putaran mesin, peluang datang dari dudukan mesin yang telah lemah. Umumnya disertai getaran. Rambatan getaran itu memunculkan bunyi dengung.

BERGESEK

– Waktu AC dihidupkan
Bunyi ini muncul cuma saat AC dihidupkan. Peluang bearing puli kompresor AC telah lemah atau sebatas belt tensioner yang terusik putarannya. Bunyi ini makin terdengar saat putaran mesin dinaikkan. “Enggak ada dampak ke hembusan AC sich, masih dingin hanya kan tidak enak di kuping. Kedengeran kaya mesin ingin rontok,” menurut Ray, kepala mekanik Bambang AC di Tebet.

– Saat kopling dioperasikan
Ada bunyi gesekan saat pedal kopling tidak didesak, sesaat bunyi hilang waktu pedal didesak. Kemungkinan besar throw away bearing pada rumah kopling, atau umum disebutkan dek laher harusnya ditukar.

– Waktu rem diinjak
Pada sepatu rem cakram, ada tanda tingkat keausannya. Berbentuk lempengan yang akan mengeluarkan bunyi saat bergesek dengan cakram. Waktu rem diinjak serta bunyi gesekan ini terdengar, berarti sepatu rem butuh ditukar.

Baca Juga  Memasuki Musim Hujan, Deteksi Kondisi Wiper Anda

BERDECIT

– Belt
Dakwaan penting saat ada dari ruangan mesin, Tidak lain tidak bukan biang kerok nya ialah belt. Belt yang mana? Waktu setir diputar, bermakna belt power steering. Sesaat saat AC dihidupkan belt kompresor AC yang longgar atau aus. Lalu, waktu beban kelistrikan makin bertambah, seperti lampu, wiper atau hal-hal lain dengan kelistrikan, aslinya dari belt alternator.

-Rem
Bunyi berdecit saat rem diinjak atau tidak diinjak, khususnya pada rem tromol, dapat dikarenakan terdapatnya kotoran yang mengganggu kapasitas pengurang pergerakan ini. Semestinya dibikin bersih.

Pahami Bunyi Aneh di Mobil anda
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us