Wisata Religi Madura Terbaru 2018

Published by Tanto on

Paket Wisata Religi Madura

Kearifan lokal warga Madura yang sangat kental sampai saat ini adalah kegiatan keagamaan yang sangat kuat.
Predikat daerah santri sepertinya memang layak diberikan kepada Madura.
Kepatuhan masyarakatnya terhadap pemuka agama atau kyai tidak ada yang meragukannya.

Budaya masyarakat Madura yang menempatkan kyai sebagai figur panutan yang tetap dihormati meski telah lama meninggal itulah yang menyebabkan banyak terdapat makam kyai di Pulau Garam tersebut.

wisata religi madura

Tujuan Wisata Religi Madura

1. Syaikhona Kholil (Bangkalan)
Makam ini berada di desa Mertajasah arah barat alun2 bangkalan
Syaikhona Kholil lahir di Kemayoran, Bangkalan tahun 1820 dan meninggal di Martajasah, Bangkalan tahun 1925.
Beliau adalah seorang ulama kharismatik dari pulau madura.
Di masyarakat santri, Syaikhona Kholil juga dikenal sebagai Waliyullah. Seperti cerita Wali Songo, banyak cerita kelebihan di luar akal atau karamah Syekh Kholil terkisah dari lisan ke lisan, terutama di lingkungan masyarakat Madura.
2. Buju’ Sara Sayid Syarifuddin (Bangkalan)
Masyarakat madura pada umumnya menyebut makam tokoh agama tersebut dengan sebutan bujuk yang dalam bahasa Madura berarti orang yang sangat tua dan dituakan dalam silsilah keluarga. Namun dalam kontek sosial, Bujuk merupakan orang yang dituakan dan yang patut dituruti segala nasehat dan petuahnya.
3. Air Mata Ibu (Arosbaya)
Tempat wisata ziarah Air Mata Ibu atau Makam Rato Ebu ini adalah salah satu wisata ziarah ini berupa komplek pemakaman yang menyimpan cerita sejarah yang cukup terkenal dan di percaya hingga sekarang. Arosbaya, sebuah kecamatan yang termasuk dari kabupaten Bangkalan adalah tempat wisata ziarah Air Mata Ibu berasal.
4. Buju’ Geger (Bangkalan)
Tempat ini merupakan tempat yang dikeramatkan orang dan sering dimanfaatkan untuk tempat tirakat, Keberadaan batu itu tak disertai prasasti. Ada pula sebuah tempat di puncak Gunung Geger berupa tumpukan batu karang setinggi 15 meter, mirip bangunan langgar yang disebut dengan “pelanggaran”.
Menurut kepercayaan penduduk setempat di tempat inilah dahulu Doro Gung mendarat, kemudian melahirkan Raden Segoro dan bertempat tinggal. Tempat ini pun dikeramatkan orang. Tapi sayang tak dijumpai cerita tertulis, sehingga nilai sejarahnya mengambang.
5. Sunan Cendana (Kwanyar)
sunan cendana adalah cucu dari sunan ampel. beliau ( sunan cendana ) keturunan ke 25 dari nabi muhammad saw. dan nama asli dari sunan cendana adalah syeikh zainal abidin.
sunan cendana diberikan julukan dari masyakat dikarenakan ada suatu kejadian yang sangat luar biasa. beliau sunan cendana bertapa di sebuah pohon cendana sehingga masyarakat lebih mengenal sunan cendana.
6. Buju’ Batu Ampar (Pamekasan)
Sayyid Husein akrab di panggil seorang da’i dari jawa keturunan Maulana Makdum bin Raden Rahmat Sunan Ampel. Dan dari sinilah awal sejarah Bani Batu Ampar di mulai.
Beliau tinggal di sebuah kawasan asri Tanjung Bumi Kecamatan Sakobenah kabupaten Bangkalan Madura
7. Makam Asta Tinggi (Sumenep)
Asta Tinggi adalah kawasan pemakaman khusus para Raja/Kerabat Raja yang teletak di kawasan dataran tinggi bukit Kebon Agung Sumenep.
Dalam Bahasa Madura, Asta Tinggi disebut juga sebagai Asta Rajâ yang bermakna makam para Pangradjâ (pembesar kerajaan) yang merupakan asta/makam para raja , anak keturunan beserta kerabat-kerabatnya yang dibangun sekitar tahun 1750M.
8. Sayyid Yusuf (Kali Anget, Sumenep)
Tak lengkap rasanya jika berwisata religi di madura tidak mengunjungi makam Sayyid Yusuf. Untuk mengunjungi makam beliau, anda harus menyeberang lagi ke pulau Telango melalui pelabuhan kalianget madura.

Harga Wisata Religi Madura 1 Hari
wisata religi madura
Paket Termasuk:

– Bus Pariwisata Executive Class (AC, LCD TV, DVD, KARAOKE, RECLINING SEAT).
– Makan 1 Kali Sesuai Program Perjalanan Ziarah (Tertera Pada Kolom Harga).
– Snack & Air Mineral pada Saat Pemberangkatan.
– Infaq Makam Dan Parkir Di Setiap Lokasi Ziarah.
– Tour Leader Yang Berpengalaman.
– Obat–Obatan / P3K.
– Dokumentasi (Foto, Video, Banner).

Harga tidak termasuk:
– Ongkos Atau Biaya Ojek, Becak, Andong Dan Sejenisnya.
– Tiket Masuk Obyek Wisata Tambahan (Kalau Ada).
– Keperluan pribadi

 

Info dan Reservasi:
Tantotrans
Jl. Lesti No 45 Surabaya
Telepon: 081230605550
Email: tantokoe@gmail.com
Web: www.tantotrans.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *