Mau wisata laut sekaligus wisata gunung? Liburan ke Karimun Jawa aja! Mata kamu akan dimanjakan dengan keindahan alam sekaligus ekosistem bawah laut yang masih terjaga. Selain itu, kamu juga bisa menikmati suasana pantai diiringi lagu santai sambil minum kopi. Enjoy lah pokoknya!

Source: tourjogjamasjo.com Karimun Jawa adalah gugusan kepulauan yang terletak di utara Pulau Jawa, tepatnya berada di sisi utara kota Jepara, provinsi Jawa Tengah. 

Terdapat 27 total pulau di Kepulauan Karimun Jawa, 5 diantaranya merupakan pulau berpenduduk dan 22 sisanya adalah pulau tak berpenghuni. Untuk mencapai Karimun Jawa, kamu perlu berangkat menuju kota Jepara dulu nih, Guys. Nah, rekomendasinya sih kamu bisa berangkat naik Bus Executive dengan harga tiket sekitar 250ribu rupiah sekali jalan (Dari Jakarta).

Kemudian dilanjut dengan kapal penyeberangan dari pelabuhan Kartini Jepara, menuju ke Karimun. Buat kalian yang memiliki waktu terbatas, kamu bisa berangkat naik pesawat rute Semarang – Karimun Jawa. Butuh waktu 6 jam untuk sampai di karimun jawa jika kamu menyeberang dengan feri, kalau naik speedboat bisa lebih cepat, hanya sekitar 1 jam 45menit. Tapi harganya juga jauh lebih mahal. Backpacker misqueen kayak saya mampunya ya naik feri doang 🙁

Kalo udah sampai di Karimun Jawa, kamu wajib banget datengin 5 tempat paling keren yang sudah dirangkum oleh dagelan.co, Cekidot!

1. Pantai Tanjung Gelam/Ujung Gelam

Source: Instagram @eightravel Ada pohon kelapa miring di tepian pantai yang bisa kamu panjat untuk sekedar berfoto.

Kalo soal pantai, menurut saya ini adalah pantai terbaik di pulau Karimun! Kamu wajib banget guys nongkrong-nongkrong, hunting foto, hunting sunset di sini! Ada pohon kelapa miring di tepian pantai yang bisa kamu panjat untuk sekedar berfoto. Pasir putih di sini juga halus banget kayak modusnya doi. Oh iya nih, Guys, untuk mencapai tempat ini, kamu bisa mencapainya via darat atau laut, bisa naik mobil, bisa naik motor, dan bisa juga naik perahu jelajah pulau.

Baca Juga: Liburan Murah Ke Bali? Bisa Kok, Ini Caranya!

karimun jawa

Memandangi gugusan kepulauan karimun jawa dari atas ketinggian merupakan salah satu pengalaman yang tak terlupakan! Ada satu tempat yang terletak di kaki gunung karimun bernama Bukit Love. Nah disini tuh ada batu besar berbentuk love. Mitosnya sih, kalau kamu mengajak pasangan ke tempat ini, maka cinta kalian akan abadi. Coba aja ajak mantan kesini, sekalian sama pacarnya terus lihat apakah cinta mereka akan abadi?

2. Bukit Love Source: Instagram @ryandirachman Selain Batu berbentuk Love, tempat ini juga memiliki saung-saung untuk menikmati pemandangan dari atas bukit.

3. Pulau Gosong Cemara Source: Instagram @ryandirachman Hamparan pasir putih yang luas membuat Pulau Gosong Cemara menjadi lokasi favorit buat berfoto.

Pagi muncul, malam menghilang. Itulah definisi dari pulau gosong. Pulau gosong merupakan hamparan pasir putih-aja gak ada apa-apa lagi. Yup, Cuma hamparan pasir putih yang timbul di tengah-tengah laut. Mungkin kalau berlama-lama di sini pas matahari lagi panas-panasnya itu bisa bikin kita gosong, makanya disebut pulau gosong. Tapi kalo buat foto-foto loncat sih, dijamin hasilnya ciamik!

4. Pulau Menjangan Kecil Source: Instagram @ryandirachman Hamparan pasir putih yang luas membuat pulau gosong cemara menjadi lokasi favorit buat berfoto.

Kalo kamu ikutan tour, biasanya guide akan membawamu ke spot pulau Menjangan Kecil. Di sini ada hamparan pasir putih yang luas banget! Kalo lagi surut bisa seluas ½ lapangan sepakbola. Disini kamu bisa melihat tumbuhan bakau yang sedang dibudidayakan, kamu juga bisa berenang santai tanpa harus takut dengan ombak karena air di Pulau Menjangan Kecil itu cukup tenang.

5. Pulau Geleang Source: nasirullahsitam.com Pulau Geleang merupakan spot snorkkling paling yahud di Karimun Jawa.

Spot snorkling paling yahud nih! Kalo hoki, kamu bisa ketemu gerombolan turtle dan berfoto underwater bareng mereka. Selain itu, ada banyak sekali habitat ikan badut/nemo di spot snorkling Pulau Geleang. Nah biasanya, bule-bule juga paling sering diving di area pulau geleang. Guys, tertarik gak buat liburan ke Karjaw? Tapi inget ya, kalo ke sana itu bagusnya pas musim panas, sekitar bulan Mei – Agustus. Jadi sebaiknya kamu persiapan aja dulu dari sekarang ya.

sumber : https://www.dagelan.co/wajib-liburan-ke-sini-5-destinasi-terbaik-di-karimun-jawa

Bagikan Sekarang!

Leave a Reply

Close Menu