Tips Sewa Mobil Rental Yang Baik

Published by Tanto on

Tips Sewa Mobil Rental

tips sewa mobil

Tips sewa mobil ini memberi info apa saja keuntungan menyewa mobil agar dikemudian hari tidak menimbulkan permasalahan bagi penyewa dan pemilik mobil rental.

Sewa Mobil pada saat ini merupakan kebutuhan yang paling mendasar dibidang transportasi.
Kenapa kita harus sewa mobil ketika harus berlibur atau kunjungan ke daerah lain, baik itu secara individu ataupun perusahaan?
Selain faktor ekonomis, tentunya kita harus berhitung demi sebuah kenyamanan serta pelayanan dari penyedia jasa sewa mobil.

Akhir – akhir ini kita sering menjumpai beberapa kasus yang selalu menimbulkan kerugian di akhir masa sewa, baik itu dari pihak penyewa mobil maupun pemilik rental mobil.
Banyak sekali perselisihan yang memang dari pihak penyewa mobil tidak memperhatikan tata cara sebelum menyewa mobil dengan baik. Disini kami mencoba memberi tips tata cara sewa mobil yang baik.

Keuntungan Sewa Mobil

Keuntungan sewa mobil sebenarnya sangat bermanfaat bagi kita dari pada membawa mobl sendiri, apalagi ketika kita sedang berada di tempat lain yang belum pernah dikunjungi.
1. Lebih nyaman, karena kita bisa memilih sesuai selera dan kebutuhan.
2. Fleksible, waktu dan jadwal bisa kita sendiri yang mengatur.
3. Sebisa mungkin sewa mobil plus driver, karena akan meminimalisir resiko

Syarat Menyewa Mobil

Jika kita sudah memutuskan untuk menyewa mobil, maka ada hal-hal yang perlu diperhatikan demi keselamatan dan kenyamanan yaitu:

1. Surat perjajian sewa
Perhatikan betul dan pelajari apa saja yang tertulis didalam surat perjanjian sewa menyewa mobi. terkadang kita sangat menyepelekan apa yang disodorkan pihak rental mobil yang akan ditandatangani.
Apa saja isi didalam perjanjian tersebut:
– Harga sewa
– Kondisi mobil saat serah terima ( mulus atau tidaknya unit mobil )
– Penunjuk bahan bakar
– Klausul asuransi mobil
– Biaya lain setelah pemakaian sewa mobil
2. Ban atau Roda
Cek kondisi Ban mobil, apakah ban dalam kondisi baik atau permukaannya sudah halus.
Karena ban mobil merupakan faktor penting bagi keselamatan pengemudi. tentunya dengan ban yang tebal dan baik akan membuat mobil berjalan stabil serta membuat nyaman pemakainya.
3. Mesin
Mesin juga perlu dicek meskipun sekedarnya, karena pada dasarnya biasanya pemilik rental mobil selalu merawat mesin mobil. Cara cek mesin mobil rental cukup dengan mendengarkan suaranya/ getarannya, mesin yang baik biasanya suaranya terdengar halus dan stabil.
4. Lampu-lampu mobil
Ini sangat penting lampu sebagai alat penerangan dan komunikasi yang utama.
Cek keseluruhan lampu mulai dari lampu depan (lampu utama), lampu kabut (foglamp), lampu sein (lampu tanda belok), lampu rem (lampu belakang), lampu dalam mobil, lampu tanda darurat, dll. Pastikan semua menyala.
5. Perlengkapan Mobil
Periksa apakah didalam mobil sudah tersedia dongkrak dan dan ban serep yang masih baik.
6. Test Drive
Tanyakan apakah boleh test drive, jika boleh maka manfaatkan untuk memeriksa kondisi saat jalan (handling, gas, rem). Biasanya pihak rental memberi kesempatan test drive di lingkup rental.
7. Sistem AC
AC atau pengatur udara ini juga memegang peranan penting untuk kenyamanan kita saat berkendara/ berlibur, selain bisa membuat udara bersih dalam mobil AC juga bermanfaat ketika cuaca panas dan kondisi macet. Pastikan AC menyala dengan baik
8. Wiper kaca mobil
Cek wiper menyala atau tidak, karena wiper ini cukup besar manfaatnya untuk menyeka air hujan/ debu/kotoran hewan/ daun yang tiba-tiba menempel pada kaca.
Pastikan wiper depan dan belakang menyala.

Demikian Tips sewa mobil dari tantotrans
Jangan sampai kita menyewa mobil yang sudah lecet tapi saat pengembalian kita disuruh mengganti lecet padahal dari awal sudah lecet.
Tips tersebut semata -mata kita berikan agar diantara penyewa mobil dan rental mbil sama – sama menjaga hubungan kelangsungan bisnis dalam jangka waktu yang lama.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *